Posted on Leave a comment

7 Tips Memakai Tas yang Baik & Benar Supaya Awet

tips memakai tas

Tas adalah hasil kegiatan wirausaha di bidang industri fashion yang kian penting peranannya. Supaya tas anda awet, maka anda perlu baca tips memakai tas yang baik & benar berikut ini. Cara pakai tas yang benar akan membuat nyaman penggunanya, baik itu tas sekolah, tas selempang, tas samping, tas pinggang, tas pria dan tas wanita.

Tas adalah produk dengan nilai fungsional dalam kegiatan manusia sehari-hari. Apa pun kegiatannya dan ke manapun seseorang pergi, pasti ada tas yang selalu dibawa. Tas difungsikan sebagai wadah untuk menaruh barang dan penambah gaya modis berbuasana.

Kini, model tas kian beragam bentuknya. Ada model tas ransel, sling bag, tas pinggang, tote bag, maupun clutch. Tidak mengherankan jika seseorang memiliki tas lebih dari satu untuk berbagai keperluan, baik acara formal maupun non formal.

Mungkin kamu membawa tas hampir setiap hari. Jika kamu tidak tahu cara memakai tas yang baik dan benar, maka kamu akan terbiasa melakukan kesalahan cara pakai tas tanpa sadar. Alhasil, lama-kelamaan kebiasaan tersebut dapat merusak penampilan, rusaknya barang dalam tas, bahkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Tentu, kamu tidak ingin seperti itu kan? Jangan khawatir, kamu dapat memperbaiki kesalahan dalam cara pakai tas dengan membaca tips memakai tas yang baik dan benar berikut.

Cara & Tips Memakai Tas yang Baik dan Benar

tips memakai tas

Berikut ini adalah beberapa kesalahan memilih dan menggunakan tas yang sering tanpa sadar kamu lakukan serta harus segera kamu akhiri secepatnya.

Pilihlah Tas Sesuai Kebutuhan

Ada kalanya, seeoranga terus-menerus memakai tas tertentu ke manapun dia pergi karena karena terlalu menyukai tas tersebut. Sebenarnya, ini tidak terlalu bermasalah.

Pemilihan tas yang keliru akan menjadi problem, apabila kamu salah membawa tas ke dalam sebuah acara yang tidak sesuai dengan tema tas kamu. Sebagai contoh, kamu memilih tas handbag/sling bag saat acara outbound. Padahal, model tas tersebut kurang tepat digunakan digunakan untuk kegitan tersebut.

Model tas handbag/sling bag tersebut akan membuatmu ribet karena tas tidak mampu menampung perlengkapan outbound. Karena itu, pastikan selalu memakai tas yang sesuai dengan tempat, waktu, dan kegiatan yang akan kamu lakukan. Jangan memakai tas bukan hanya berlandaskan suka pada model tas tersebut semata.

Jangan menaruh tas di lantai secara sembarangan

Menaruh tas pun ada caranya supaya tas awet. Karena terbiasa menaruh tas secara asal, maka terkadang kita tidak menyadarinya jika cara tersebut kurang tepat.

Biasanya, pengguna tas ransel/backpack akan menyimpan tas di lantai ketika tidak menemukan tempat lain untuk menaruhnya. Terlebih lagi, jika selepas berpergian yang membuat badan capek.

Mulai sekarang hilangkan kebiasaan menaruh tas di lantai karena dapat mengakibatkan permukaan luar tas menjadi kotor dan rusak. Selain itu, mungkin saja di lantai ada kuman dan bakteri yang menempel pada tas. Hal itu tentu kurang baik untuk kesehatan kita.

Jangan membawa laptop dalam Sling bag atau Tote Bag

Kebiasaan membawa laptop dengan sling bag kerapkali dilakukan oleh orang dewasa. Pasalnya, laptop adalah perangkat kerja yang penting. Laptop sering digunakan untuk menyimpan file dokumen, foto dan gmabar, serta berkas data untuk keperluan pekerjaan.

Ada pemikiran bahwa membawa laptop dengan Sling bag dan Tote bag akan terlihat lebih keren, stylish, modis. Padahal, ini merupakan kesalahan yang fatal loh !

Pada umumnya, desain sling bag dan tote bag memang tidak diperuntukan menyimpan laptop sehingga tidak ada slot (ruang khusus) didalamnya. Membawa laptop dengan sling bag dapat mengakibatkan laptop lebih mudah terguncang dan terbentur sehingga laptop mengalami kerusakan.

Membawa laptop dengan sling bag juga tidak baik untuk persendian dan tulang. Sling bag berisi laptop biasanya dibawa dengan dijinjing. Hal ini akan membebani sebelah bagian tubuh yang jika terus-menerus dilakukan.

Jadi, mulai sekarang hilangkan kebiasaan membawa laptop dengan sling bag/tote bag. Alangkah baiknya menyimpan laptop dalam tas ransel atau backpack.

Jangan memakai tas ransel dengan strap terlalu panjang

Bisa dikatakan bahwa ransel adalah tas terbaik yang bisa digunakan pada aktivitas sehari-hari. Model tas ransel tergolong aman buat tubuh karena membagi beban secara seimbang di kedua bahu. Sayangnya, ada saja orang yang seenaknya memakai ransel tas dengan memanjangkan kedua strap tasnya hingga batas maksimal dengan alasan supaya tampil kekinian.

Memakai tas ransel dengan strap yang terlalu panjang hanya membuat tas ranselmu tersebut cepat rusak. Bahkan tali tas bisa putus karenanya. Pemakian tali strap terlalu panjang pada tas ransel dapat membuat barang – barang dalam ransel menjadi rusak karena posisinya tidak stabil. Selain itu, memakai tas ransel dengan strap panjang pun tidak baik untuk kesehatan tulang belakang.

Perhitungkan beban tas secara keseluruhan

Tas memang berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan perlengkapan aktivitas harian. Namun, kamu perlu memperhitungkan bebannya. Jangan semua barang masuk tas sehingga tas kelebihan bebabn.

Setiap tas memiliki kompartemen dengan kekuatan terbatas untuk menampung barang di dalamnya. Kekuatan tersebut dipengaruhi oleh ukuran tas dan material dasar pembuatan tasnya.

Perhatikan ukuran tas dan ukuran barang yang akan dimasukkan. Apabila ukuran tas cukup kecil, maka jangan memaksakan semua item kudu masuk ke dalamnya. Bila barang kamu banyak, maka gunakan tas yang berukuran lebih besar dengan bahan yang lebih kuat.

Lebih rapi dalam meletakkan barang dalam tas

Karena alasan terburu-buru, banyak orang memasukkan barang ke dalam tas secara sembarangan. Hal ini jangan dianggap lumrah dan jangan dibiasakan karena dapat berakibat buruk pada tas.

Menaruh barang ke dalam tas secara asal dalam tas dapat membuat kamu kesulitan ketika hendak mencarinya. Peletakkan barang yang acak-acakan dalam kompartemen tas dapat mengubah bentuk tas kesayangan, terlebih lagi tas kulit. Penataan barang dalam tas yang tidak rapi dapat membuat tas terasa kecil sehingga tidak dapat menampung barang bawaan secara maksimal.

Sesuaikan tas dengan busana

Coba kamu bayangkan, ketika seseorang memakai sling bag kecil dan berbusana tuksedo. Bayangkan juga, betapa lucunya yang memakai tas ransel berbusana gaun pesta. Lucu kan?

Supaya gak awkward, maka padu-padankan (mix and match) antara tas dan busana secara apik. Sesuaikan model dan warna tas dengan baju yang dipakai.

Bagaimanapun, penampilanmu adalah jendela kepribadianmu kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *